Sabtu, 19 Desember 2020

MEMBANGUN KOMITMEN DALAM MENYEPAKATI TUGAS ALTERNATIF UNTUK MELENGKAPI TUGAS-TUGAS SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) - Aksi Nyata Modul 1.3

A.       LATAR BELAKANG

Ada banyak kendala yang dihadapi oleh dunia pendidikan selama masa pandemi covid-19, termasuk guru, murid dan orangtua murid. Sekolah dan juga pihak sekolah mulai mengubah strategi pembelajaran yang awalnya adalah tatap muka menjadi pembelajaran non-tatap muka atau ada yang menyebut pembelajaran online dan juga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pemerintah juga menyediakan berbagai aplikasi pembelajaran yang dapat diakses dan digunakan oleh guru dan siswa.

Pembelajaran Jarak Jauh dengan menggunakan metode daring mendatangkan keresahan tersendiri baik bagi guru, murid, ataupun orangtua murid. Keterbatasan fasilitas tidak jarang membuat murid ketinggalan materi pembelajaran dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Menurut hasil observasi pribadi, kurang dari 50% murid aktif dalam pembelajaran daring. Hal tersebut paling banyak disebabkan oleh kurangnya motivasi murid, kendala koneksi internetdan juga fasilitas yang kurang mendukung. Akibat kendala-kendala tersebut,, tugas-tugas murid yang merupakan portfolio dan pertimbangan dalam pemberian nilai di akhir semester pun menjadi sulitbagi murid untuk dikumpulkan

Untuk menyiasati tertinggalnya beberapa murid dalam pembelajaran non tatap muka dan menutupi portfolio tugas semester ganjil ini,  perlu dibangun komitmen bersama untuk menyepakati tugas alternatif pengganti tugas-tugas yang tertinggal. Tugas alternatif ini diharapkan dapat sedikit menutupi tugas-tugas yang tertinggal selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan yang terpenting adalah tanggung jawab dan kesadaran siswa dapat terbangun. Siswa dapat bebas memilih tugas alternatif yang mampu mereka kerjakan seperti membuat review materi dalam bentuk tulisan ataupun lisan, bisa juga berupa pemaparan pengalaman mereka selama PJJ, membuat gambar tentang apa yang mereka rasakan selama PJJ, dan bentuk lain yang nantinya disepakati dan sesuai dengan kemampuan dan minat mereka sehingga siswa merasa tidak terbebani dan dapat mencapai visi murid merdeka. Selain itu, pemberian tugas alternatif ini juga diharapkan mampu membangun kembali motivasi murid,  memberikan pengalaman pembelajaran bermakna bagi mereka, serta melatih murid menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan konsisten.

B.        DESKRIPSI KEGIATAN AKSI NYATA

Pada aksi nyata kali ini, diterapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA untuk dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh murid sehingga mereka tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran daring sampai kepada tindakan yang akan dilakukan untuk dapat kembali memotivasi murid agar kembali bersemangat dan dapat mengumpulkan tugas alternatif sebagai portfolio di semester ganjil ini. 

1.      B-uat Pertanyaan

Mengidentifikasi kesulitan murid selama Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) dan hal apa saja yang menjadi potensi atau kekuatan mereka termasuk minat dan hal yang mereka senangi yang dapat dikaitkan dengan pengumpulan tugas sebagai bahan portfolio

2.      A-mbil Pelajaran

Merumukan hasil wawancara siswa tentang kendala atau kesulitan yang mereka hadapi selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan aspek-aspek yang akan dipertimbangkan dalam merumuskan tugas alternatif bagi mereka.

3.      G-ali mimpi

Menjabarkan harapan siswa terkait pembelajaran daring yang mereka inginkan serta tugas alternatif yang dapat mereka kerjakan untuk memenuhi portfolio semester ini.

4.      J-abarkan Rencana

Membuat komitmen bersama dengan  siswa tentang tugas alternatif yang mereka sepakati serta jangka waktu pengerjaan dan pengumpulan serta teknik pengumpulan tugas alternatif tersebut.

5.      A-tur Eksekusi

Menyampaikan hasil diskusi dan kesepakatan bersama kepada seluruh siswa dan juga orangtua siswa.

C.       HASIL AKSI NYATA

Dari empat kelas yang diampu, kebanyakan siswa memilih tugas alternatif berupa menyimpulkan materi pembelajaran pada semester ganjil ini dalam bentuk tulisan yang nantinya akan difoto dan dikirimkan melalui akun pribadi whatsapp guru yang bersangkutan. Ada pula siswa yang memilih untuk mengantarkannya langsung ke sekolah akibat kendala fasilitas. Mengenai batas waktu pengumpulan tugas, siswa bersepakat untuk mengerjakan dan mengumpulkannya paling lambat satu pekan sejak komitmen bersama itu disepakati. Setelah menelusuri lebih mendalam mengapa siswa kebanyakan memilih untuk membuat rumusan kesimpulan materi dikarenakan siswa ingin sekaligus belajar dan mendalami materi. Selain itu, guru juga masih memberikan kebebasan dan pilihan-pilihan lain kepada siswa untuk memenuhi tugas alternatif yang sesuai dengan bakat dan minat mereka.

D.       PEMBELAJARAN YANG DIDAPATKAN

1.      Keberhasilan

Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk merumuskan bersama tugas alternatif yang disepakati untuk memenuhi tugas-tugas mereka yang tertinggal dapat membangun tanggung jawab dan juga partisipasi aktif mereka dalam mengemukakan pendapat. Selain itu, hal ini juga sekaligus dapat mengidentifikasi kendala yang dirasakan oleh murid dan orangtua selama Pembelajaran Jarak Jauh.

2.      Kegagalan

Dari hasil aksi nyata yang dilakukan, terdapat beberapa kegagalan yang muncul. Yang pertama adalah siswa belum sepenuhnya terlibat aktif dalam memberikan pendapat, selain itu siswa hanya cenderung memilih tugas alternatif yang monoton. Yang kedua, tidak semua siswa mengumpulkan tugas alternatif yang telah disepakati.

E.       RENCANA PERBAIKAN

Pada pelaksanaan selanjutnya, guru akan memberikan wawasan awal terlebih dahulu kepada siswa tentang alternatif tugas yang dapat mereka kerjakan seperti menggambar, bercerita berupa monolog ataupun bentuk lain  yang dapat menambah pengalaman belajar bermakna mereka sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan murid.

F.       DOKUMENTASI


Mendengarkan keluh kesah siswa tentang hambatan selama PJJ

Menyepakati tugas alternatif yang akan dikumpulkan

Mewawancarai beberapa siswa tentang permasalahan yang dihadapi
dan tugas alternatif yang mampu dikerjakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran (Koneksi antar Materi Modul 3.1)

Pratap Triloka adalah sebuah konsep pendidikan yang digagas oleh Suwardi Suryaningrat (alias Ki Hadjar Dewantara) selaku pendiri organisasi ...